Friday, April 24, 2009

ANZAC DAY

Hari ini, setelah turun dari kereta di Wellington station, di lorong ada seorang wanita pakai baju uniform tentara. Dia sedang tersenyum sambil berdiri dekat dinding, cantik sekali. Seorang laki2 mendekati, lalu mengambil semacam bros warna merah terbuat dari kertas dari wadah kecil yang dipegang wanita itu, lalu memberi uang koin. Si wanita menerima sambil tersenyum. Nggak lama datang lagi pria muda dan anak sekolah, mengambil bros kertas lalu memberi sejumlah uang. dalam hatiku, apa yang dijual yaa? keliatannya menarik.

Nah, saat aku berjalan sepanjang Lambton Quay, lagi-lagi aku melihat beberapa orang berpakaian seragam militer (ada wanita, laki-laki muda, bahkan orang tua berpakaian veteran militer) berdiri di beberapa tempat perbelanjaan sambil membawa bros-bros serupa. Ada apa ya..kok banyak tentara jalan-jalan disini? Tiba-tiba aku ingat, oh iya, besok kan Anzac Day!

Apa sih Anzac Day? Anzac Day adalah salah satu hari libur nasional di New Zealand dan Australia, diperingati setiap tanggal 25 April untuk mereka yang tewas membela negara dan untuk menghormati mereka yang selamat dari medan perang. Pada awalnya, 25 April ini untuk memperingati mendaratnya pasukan tentara Australia dan New Zealand pada bulan April 1915 di Gallipoli Turki pada masa perang dunia per tama. Kok disebut ANZAC ? Karena merupakan singkatan dari the Australian and New Zealand Army Corps (ANZAC).

Di New Zealand, setiap tanggal 25 April, toko-toko tutup mulai subuh hingga siang, buka kembali setelah jam 1 siang. Kantor-kantor pada hari itu libur. Pada subuh hari tanggal 25 April digelar upacara pagi di setiap kota di New Zealand, umumnya di war memorial places. Tahun ini pemerintah New Zealand menggelarnya di gedung National War Memorial di Wellington, dengan diliput oleh televisi. Upacara dimulai dengan parade mengelilingi kota.

Kalau di Indonesia, sepertinya Anzac Day itu sama seperti Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 Nopember. Pada hari itu kita mengenang para pahlawan yang telah gugur dengan cara mengheningkan cipta selama satu menit pada jam 08.15 wib pagi atau mengadakan upacara bendera.

No comments:

Baca juga tentang New Zealand (in English)